Uniga Parakarsai PCMI Nasional

Garut — Universitas Garut (Uniga) kembali memprakarasai pengelaran turnamen burung pleci, Pleci Mania Indonesia (PCMI) tingkat Nasional. PCMI tingkat Nasional sendiri diselengarakan didepan halaman Fakultas Ilmu Komunikasi ini diikuti oleh hampir 4 ribu lebih peserta dari seluruh Indonesia.

Menurut Ketua panitia Kontes PCMI Nasional Agus Abar mengatakan hampir 4 ribu peserta tumpah ruah dan ikut berpartisipasi pada kontes burung Pleci ini. “Peserta datang hampir dari seluruh Indonesia, dan kita sebagai tuan rumah baru pertama kali menyelengarakan kontes tingkat Nasional,” katanya saat ditemui diarena kontes, Kemarin (6/8).

Mulai dari Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatra, dan kota lainnya hampir perwakilan atau chapter setiap kota/kabupaten mengikimkan perwakilanya masing – masing. Karena sangat jarang kata Agus kontes Pleci tingkat nasional diselengarakan.

“Gelaran kontes Nasional, burung pleci, hampir seluruh anggota tiap kabupaten chapter mengirimkan anggotanya,” katanya. Uniga sendiri memprakarsai gelaran PCMI Nasional atas izin dari Rektor Uniga. Sebenarnya kata Agus Uniga sendiri sering kali menyelengarakan kontes burung.

“Cuman untuk tinggkat Nasional dan terbesar hari ini diselengarakan. Lebih dari empat ribu peserta hadir dalam kontes ini,” kata Agus.

Dengen terselengaranya konten Pleci tingkat Nasional diharapkan adanya ikatan tali silaturahmi antar capter pleci tiap daerah. Diharapkan juga lahir pengusaha – pengusaha.   “Baik pengusaha sangkar burung, ternak pleci, pakan burung, kaos dan lain sebanaginya aksesoris dari lomba,” ucapnya.

Harga burung Pleci yang sudah dinobatkan menjadi juara pada kontes ini, harga jual burung tersebut akan sangat mahal. “Yang ada disini ada yang mencapai 90 juta sampai 100 juta hadir disini,” ucapnya.

Cuman memang rata – rata diatas 10 juta karena yang hadir pada kontes ini hampir semua peserta merupakan pemenang dari setiap chapternya.

Penilaianya sendiri kata Agus dinilai dari penampilan burung pleci hingga siulan pleci yang panjang dan tidak berjeda. (Rul)

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *