Pastikan Stok Pangan Aman

Produksi Beras Terkendala Cuaca Panas

 

GARUT – Tim Satgas Ketahanan Pangan Republik Indonesia mengecek ketersediaan beras di Kabupaten Garut. Mereka meninjau Gudang Bulog Garut untuk memastikan ketersediaan beras benar-benar aman.

Ketua Tim Satgas Ketahan Pangan RI Irjen Eko Hadi Sutedjo mengatakan, stok beras di Indonesia aman hingga tahun depan. “Cukup sampai bulan Maret 2018 nanti. Kondisinya (beras, red) baik,” ungkap Eko kepada wartawan di Gudang Bulog Garut, Jalan Cimanuk, Tarogong Kidul, kemarin (12/9).

Lanjut Eko, ketersedian stok beras nasional mencapai 1,7 juta ton. Sementara di Garut sendiri, stok beras mencapai 9 ribu ton. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesiapan mitra untuk memasok berasnya ke Bulog.

“Rekanan dan mitra Bulog di Garut mempunyai satu kesanggupan mendistribusikan berasnya ke Bulog. Mereka menyadari pentingnya ketahanan pangan di Indonesia,” katanya.

Meski begitu kata Eko, saat ini mitra bulog mengalami sedikit kesulitan dalam produksi beras. Kesulitan tersebut diakibatkan cuaca panas dan panen tidak maksimum. Namun Eko menegaskan, untuk panen selanjutnya pihaknya optimistis bisa mendapatkan hasil yang baik.

Pihaknya mengingatkan para produsen akan pentingnya menjaga ketahanan pangan di Indonesia. Hal tersebut ditujukan untuk meyakinkan ketersediaan pangan di Indonesia mencukupi, serta menentukan apakah Indonesia memerlukan impor atau tidak untuk pemenuhan kebutuhan pangan. (erf)

 

 

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *