Warga Karyajaya Tuntut 13 Poin Ke Kades

 

BAYONGBONG – Pasca aksi demostrasi yang dilakukan oleh warga Desa Karyajaya Kecamatan Bayongbong melalui Badan permusyawaratan desa (BPD) menuntut 13 poin kepada kepala desa. Hal itu menyusul demonstrasi yang dilakukan warga kepada kepala desa beberapa waktu lalu.

Camat Bayongbong, Santari menjelaskan, 13 poin tuntutan warga itu disampaikan beberapa waktu lalu oleh BPD desa. BPD sebagaimana kewenangannya melakukan pemanggilan kepada Kepala Desa ke Kantor Desa.

Beberapa poin dari 13 poin itu sebut Santari antara lain,  warga meminta realisasi terkait dana infrastruktur pedesaan (IP) yang sudah dicairkan. Kemudian warga menuntut agar kades segera membayar pajak dana desa yang belum dibayarkan. Kemudian warga juga menuntut agar kades bisa bermasyarakat dan mau menghadiri undangan warga seperti pengajian dan sebagainya.

Pasalnya selama ini warga menilai kades kurang bermasyarakat, ketika diundang pengajian atau sejenisnya jarang menghadiri. Jadi bukan hanya persoalan dana IP saja yang dipermasalahkan warga.

“Kemarin memang sudah dipanggil BPD. Ada beberapa poin lah. Dia bersedia memberikan jawaban mengenai 13 poin itu,” kata Santari saat ditemui di kantornya, Kemarin (12/9).

Santari berharap ke depan kades dapat mengambil hikmah dan merubah sikap. Santari berpesan agar Kades bisa meningkatkan silaturahmi dan pendekatan dengan warga. Selain itu Santari juga menghimbau agar kades melaksanakan transparansi dalam anggaran.

Adapun terkait realisasi dana IP, menurut Santari sekarang ini kades sudah mulai mau melaksanakan pembangunan. Dana IP itu rencana nya akan dibangunkan untuk rehab kantor desa.

Jika melihat aturan memang dana IP itu ada tenggang waktu dalam pelaksanaan nya. Yaitu sampai akhir tahun batas terakhir penerapan dana IP tersebut. Namun yang jadi masalah di sini, pencairan dana IP sendiri sudah jauh hari dilakukan namun realisai nya belum juga terlaksana.

Hal itulah yang membuat warga berang, dan menuntut ke kantor desa terkait transparansi pembangunan dana IP tersebut. (fer)

 

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *