Sejarah G30S/PKI Harus Masuk Pelajaran

Aliansi Umat Islam Besok Gelar Nobar

 

GARUT – Aliansi Umat Islam Kabupaten Garut mendesak agar pemerintah memasukan sejarah tentang G30S/PKI ke dalam pelajaran di sekolah-sekolah. Sebagai wujud agar masyarakat tidak melupakan sejarah, mereka pun akan menggelar nonton bareng film tentang G30S/PKI pada 30 September di sekitar Jalan Ahmad Yani, tepatnya di sekitar Gedung KNPI.

Abu, koordinator acara kegiatan nonton bareng film G30S/PKI megatakan, jika yang akan dilakukan bukanlah seremoni semata dan hanya sekadar mengikuti apa yang diarahkan oleh Panglima TNI. Ia berujar bahwa kegiatan nonton bareng film G30S/PKI merupakan aksi kepedulian nyata yang dilakukan oleh Aliansi Umat Islam Garut dan ada out put yang harus bisa didapatkan.

“Untuk out put yabg akan diambil sendiri adalah kami menuntut agar sejarah tentang G30S/PKI masuk kembali ke pelajaran di sekolah, itu untuk yang pertama. Yang keduanya  adalah kami meminta pemerintah agar kembali menjalankan ketetapan MPR tentang pelarangan faham komunisme, marxisme, dan leninisme karena sekarang faham tersebut berkembang pesat di media sosial dan tidak terbendung,” ujarnya, Kamis (28/9).

Kegiatan nonton bareng film G30S/PKI sendiri, menurutnya adalah sebagai wujud untuk mengingatkan kembali sejarah kelam dan jangan sampai dilupakan oleh masyarakat. “Oleh karena itu dalam kegiatan nonton bareng yang akan kami lakukan ini tidak akan membatasi usianya berapa agar semuanya bisa teringatkan sejarah itu,” katanya.

Sementara itu Ketua Aliansi Umat Islam Garut, Casmiryono mengungkapkan bahwa kegiatan nonton bareng yang dilakukan pihaknya memiliki tujuan untuk mengantisipasi perkembangan fahan komunis. Menurutnya seluruh masyarakat, khususnya anak muda dan pelajar harus mengetahui sejarah tentang G30S/PKI agar jangan sampai terulang kembali.

“Masyarakat tentu saja harus memahami sejarah dan tentang G30S/PKI ini harus kembali dibuka di sekolah-sekolah agar faham sejarag dan tidak ada gonjang ganjing karena tidak tahu sejarahnya. Yang akan kita lakukan juga bukan hanya nonton bareng saja, akan diisi juga oleh para veteran yang akan berkisah, pementasan musik perjuangan, juga tausyiah,” jelasnya.

Ia meyakini akan ada ribuan warga yang hadir dalam kegiatan besok karena kegiatan tersebut juga didukung oleh sejumlahbormas juga komunitas di Kabupaten Garut. “Tujuan utama yang ingin kita dapatkan adalag agar Negara Kesatuan Republik Indonesia bersatu untuk masa depab yang lebih baik dan tidak mudah diadu domba,” ungkapnya. (igo)

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *