Kades Mesum Terancam Dicopot

Pemkab Akan Lakukan Kajian Kasus

GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut sangat menyesalkan tingkah DD, kepala Desa Situsari Kecamatan Cisurupan yang tertangkap sedang indehoy bersama selingkuhannya di salah satu hotel di kawasan Darajat Kecamatan Pasirwangi, Rabu (28/9).

Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman mengatakan, pihaknya akan segera mengkaji terlebih dahulu mekanisme apa yang akan dilakukan pihaknya terhadap oknum kepala desa yang berbuat masuk tersebut.

Namun, apabila apa yang dilakukan pimpinan desa itu terbukti dan misalnya terdapat sanksi tegas dalam regulasi saat ini, kata Helmi, yang bersangkutan ada potensi untuk diberhentikan.

“Ya saya baru tahu pagi tadi (kemarin) di media. Bahwa ada oknum Kades tepergok warga. Kita akan tindak sesuai mekanisme yang ada, kita lihat hasil dari tim kabupaten,” ujar Helmi.

Menurut Helmi, kejadian ini harus menjadi pelajaran bagi semua pihak. Jangan sampai prilaku asusila tersebut juga dilakukan oleh pihak lain apalagi sekelas pejabat termasuk kepala desa.

“Pemimpin harus membuat struktur sosial yang baik, karena itu modal sosial kita. Bagaimana masyarakat akhlak mulia, baik gotong-royong saling menolong, keluarga yang baik, jangan kita rusak modal sosial kita dengan perilaku yang tidak baik,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Kepala Desa Situsari, Kecamatan Cisurupan inisial DD digerebek warga yang diduga tengah ngamar dengan istri orang lain di penginapan di kawasan Darajat, Pasirwangi, Rabu (27/9). Setelah digerebek Kades tersebut langsung diamankan di Polsek Cisurupan.

“Ketika saya datang ke sana memang di sana sudah ada warga, kemudian dikerumuni warga di sana.Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saya izin ke masyarakat di sana saya bawa langsung ke Polsek,” kata Kapolsek Cisurupan, AKP Surya Effendi saat di Mapolsek Cisurupan.

Dengan perbuatannya ini selain terancam kehilangan jabatran, Kades DD juga diancam pidana di bawah lima tahun. (erf)

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *