Proses Hukum Darajat Stagnan

Awit Minta Proses Hukum Segera Tuntas

 

PASIRWANGI – Pada tahun 2016 lalu, sejumlah pengusaha Darajat di Kecamatan Pasirwangi pernah ditetapkan tersangka oleh Polda Jabar. Sampai sejauh ini para pengusaha sendiri menilai proses nya stagnan dan ingin segera ada penyelesaian.

Yanyan Yudiana, 42, selaku General Manager Awit Sinar Alam Darajat berharap sekali proses hukum terhadap pengusaha Darajat khususnya Awit Sinar Alam Darajat bisa tuntas. Dia menilai khusus untuk Awit sendiri sebetulnya tidak mencukupi unsur pidana jika memang selama ini dianggap merusak lingkungan hidup.

“Harapan kita pada dasarnya ke sana (penetapan tersangka itu bisa dicabut). Kita selama ini sudah beberapa kali bahkan dengan pengacara mempertanyakan ke Polda Jabar,” katanya saat dihubungi kemarin (6/10).

Dari beberapa dokumen-dokumen lingkungan hidup dan perizinan yang pernah mereka dapatkan pun sudah pernah diberikan kepada Polda Jabar. Hal itu menurutnya menjadi dasar bahwa keberadaan Awit pernah dilegalkan dan tidak masalah secara hukum.

Hal itulah yang menurut Yanyan membuat semua pihak cukup kaget termasuk Polda sendiri bahwa sebetulnya tidak ada unsur yang bisa dituduhkan kepada Awit untuk ditetapkan sebagai tersangka.

Atas penetapan status tersangka itulah yang menurut Yanyan sempat membuat Pemerintah setempat ragu untuk memberikan rekomendasi perizinan. Karena takut ikut terlibat karena menganggap status Awit yang dianggap bermasalah.

Yanyan pun menegaskan bahwa pihaknya siap menempuh arahan Pemerintah Kabupaten Garut terkait tata kelola bangunan di kawasan Darajat. Sampai saat ini proses itu sudah mereka tempuh.

Dan jika memang pada akhirnya ada sejumlah bangunan yang dinyatakan tidak layak berdiri di kawasan Awit, pihaknya siap membongkar.

“Jadi proses pembongkaran itu ada para akhir-akhir nanti. Jika memang kita harus membongkar sejumlah bangunan yang tidak layak kita siap,”katanya. (Fer)

 

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *