Pasca Dilantik Anggota PPS Harus Segera Koordinasi 

CIAMIS – Sebanyak 795 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kabupaten Ciamis dengan rincian 3 orang di setiap Desa dan Kelurahan resmi dilantik di Islamic Center Ciamis Sabtu (11/11). Setelah dilantik anggota PPS segera melakukan koordinasi dengan seluruh komponen di tingkat Desa dan Kelurahan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis Kikim Tarkim menuturkan berbagai dinamika sejak proses rekrutmen PPK dan PPS ini merupakan bagian yang sangat penting, sebagai bentuk proses awal dari kerja bagi para anggota PPS. Untuk itu, Kikim mengucapkan selamat kepada para anggota PPS yang baru dilantik.

Kikim meminta kepada para anggota PPS yang baru dilantik diharapkan agar segera melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan. Bangun komunikasi yang sinergis dengan seluruh komponen yang ada di wilayahnya.

“Segera koordinasi dengan seluruh komponen terutama di desa, bangun komunikasi yang sinergis. Yakinkan bahwa tugas PPS berjalan dengan baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Kikim.

Disamping itu, PPS juga harus membangun komunikasi dengan Panwas di Wilayahnya. Beberapa bulan kedepan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) akan segera dibentuk, PPL merupakan mitra kerja dari PPS.

“Bekerjalah secara profesional, Jujur, adil dan teris menjunjung tinggi prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu serta utamakan netralitas sesuai dengan fakta integritas, yang sudah ditanda tangani oleh seluruh anggota PPS,” katanya.

Kikim meminta kepada Camat, Lurah dan Pimpinan Partai Politik dapat membantu KPU untuk terus mengingatkan, apabila ada tugas yang dinilai melenceng. Demi terwujudnya Pemilu yang adil.

Sementara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengucapkan terimakasih kepada KPU Kabupaten Ciamis yang sukses menyelenggarakan seleksi anggota PPS. Bupati berpesan kepasa anggota PPS yang baru dilantik agar menjalankan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, serta mampu memegang teguh netralitas.

“Tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dan diamanatkan oleh bangsa sudah selayaknya disyukuri karena telah berperan aktif dalam proses demokrasi demi menentukan nasib bangsa kedepannya,” ungkapnya.

Kata Iing, dengan pelantikan ini bisa membawa manfaat yang sangat besar untuk penyelenggaraan proses Pilkada serentak 2018 di Ciamis. Sehingga dapat melahirkan pemimpin daerah yang berkualitas dan merupakan pilihan rakyat sesuai cita-cita demokrasi. (dhs)

 

 

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *