Setiap Daerah Harus Mulai Bersinergi

GARUT – Sektor pariwisata diyakini mampu mendongkrak sektor perekonomian di Provinsi Jawa Barat termasuk daerah Kabupaten/Kota di Wilayah IV. Hal tersebut diungkapkan Asisten Daerah II Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Eddy Nasution, saat ditemui Radar Garut usai membuka Seminar Nasional dan Pameran Pembangunan Infrastruktur dan Pariwisata di Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Rabu (6/12).
”Pariwisata tanpa infrastruktur tidak bisa berkembang. Untuk itu hari ini seminar itu membahas bagaimana dukungan infrastruktur dan objek wisata yang bisa dikembangkan,” kata Eddy.
Eddy mencontohkan, seperti halnya di daerah Pangandaran yang memiliki destinasi wisata yang cukup digandrungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Menurutnya, dalam mengembangkan destinasi wisata, suatu daerah tidak bisa berdiri sendiri.
”Harus ada keterkaitan dengan daerah lain di sekitarnya, sehingga harus dihubungkan dengan infrastruktur yang baik. Seperti adanya pembangunan Bandara di Kota Tasikmalaya, itu menjadi bagian upaya dalam pembangunan infrastruktur yang sekaligus bisa menunjang sektor pariwisata,” katanya.
Menurutnya, untuk se­men­tara ini pariwisata men­jadi sek­tor yang cukup po­tensial, pasal­nya, apabila me­mak­sakan diri untuk bersaing de­ngan manufaktur guna per­cepatan laju ekonomi, Eddy menilai, hal itu akan cu­kup sulit dilakukan.
”Tren sekarang generasi muda kalangan menengah khususnya trennya suka wisata, beda dengan orang tua dulunya. Jadi tren itu yang mau kita ambil. Indonesia targetkan 12 juta wisatawan mancanegara per tahun, katakanlah kita ambil 10 persen ada 1,2 juta Wisman, nah ini kita bisa kembangkan infrastrukturnya,” katanya.
Saat ini lanjut Eddy, baru empat destinasi luar Jawa Barat yang dikembangkan menjadi pusat wisata selain Bali, diantaranya Danau Toba, Tanjung Lesung, Mandalika dan Borobudur. Kedepan dirinya berharap ada destinasi wisata di Jabar masuk pengembangan wisata berskala Nasional.
”Kita berusaha mengem­bang­kan Ciletu, mudah-mudahan bisa menarik wisatawan man­ca­negara atau domestik. Ter­masuk dalam agenda wisata na­sional nantinya, sehingga ini diperlukan suatu daerah bersinergi dengan daerah lain­nya,” pungkas Eddy. (erf)

Bagikan

Radar Garut

Koranna Urang Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *